Rabu, 15 Februari 2012

Trik Solve Auto alt+tabbing

Sedang main game lagi asik-asiknya lalu tiba-tiba kembali ke desktop seakan-akan lo menekan alt+tab secara bersamaan tapi lo nggak mencet sama sekali? Terus tiap kali kita nyoba balik lagi ke game tapi lagi-lagi kembali ke desktop? Umumnya terjadi pada Windows 7. Nggak tau deh kalo yang lain. Tapi, dicoba aja, siapa tau bisa menggunakan cara dibawah ini. Jika kita googling, ada beberapa saran dari teman-teman kita yang sudah pernah mengalaminya.
  1. Update driver VGAnya. Menurut mereka, driver VGA yang digunakan belum kompatibel dengan game yang dimainkan sehingga butuh update terbaru dari vendor VGA itu sendiri.
  2. Ubah settingan VGAnya lewat panel kontrol VGA tersebut. Menurut mereka, driver VGA dan game sudah cocok sesuai spesifikasi namun resolusi dan settingan VGAnya belum pas.
  3. Update patch terbaru dari game tersebut yang mendukung berjalannya game itu dengan VGA yang digunakan. Menurut mereka, driver VGA paling baru dan sudah memenuhi spesifikasi standar game tersebut, tapi patch gamenya belum mendukung VGA tersebut sehingga dibutuhkan patch terbaru dari game itu sendiri.
  4. Scan system dan seluruh drive komputermu dengan antivirus yang terpercaya dan memiliki update terbaru. Ya, mungkin aja ada virus atau sesuatu yang berbahaya masuk ke dalam sistem lu dan belum dikenali sama antivirus lo.
  5. Ganti VGA dan komponen lainnnya dalam komputer. Ini cara yang kedengarannya konyol, tapi mungkin juga berpengaruh karena spesifikasi standar yang dibutuhkan game itu belum terpenuhi
  6. Ganti gamenya. Kalo yang ini sih saran paling parah. Tapi bisa aja kok. Biarpun spesifikasi yang digunakan secanggih apapun tapi kalo gamenya nggak kompatibel, ya udah, mau gimana lagi.
Kalo misalnya semua itu juga nggak berhasil buat komputer lo, gue punya sesuatu yang nggak menyelesaikan masalah ini, tapi cukup berguna sampai saat ini. Berikut detail spesifikasi laptop gue.

Asus ROG G53SX-SZ111V :
  • Intel Core i7 2670QM, 2.2GHz auto-overclock with Intel(R) Turbo Technology
  • DVD Drive Supermulti
  • RAM 4GB
  • HDD 640GB
  • nVidia GeForce GTX 560M-VR 2GB
  • Genuine Windows 7 Home Premium 64-bit
  • Trend Micro Titanium Internet Security (Genuine)
Gue pernah ngalamin hal ini sejak gue beli laptop ini. Tapi entah kenapa, lama-kelamaan hal ini terjadi semakin sering. Gue dulu install PES2012 dan berjalan dengan lancar serta bebas hambatan. Tapi pas tanggal 13 Februari 2012 kemarin, setiap kali gue mau main PES2012 ini, sistem gue seakan-akan auto alt+tabbing dan kembali ke desktop. Nggak cuma sekali, tapi berkali-kali. Sangat amat nggak nyaman banget deh, gue mau main Master League aja ampe kejebolan mulu gara-gara ga bisa ngeliat gambar dari game gue. Akhirnya, gue cari di internet gimana solusinya seperti yang udah gue paparin diatas. Gue ikutin itu semua dan ternyata ga ada hasilnya sama sekali. Yang ada malah sampah-sampah terinstall di sistem gue.. Malwarenya nggak ketemu, malah sistem gue jadi berantakan. Akhirnya, gue nemuin sebuah artikel yang bilang kalo hal ini bisa diselesaikan dengan cara mengutak-atik system configuration kita. Berhasil! Tapi tampilan start menu sama taskbar gue jadi classic. Pokoknya jadi theme classic semua. Ga puas dong..Hehehe .. Akhirnya gue nyari cara dengan mengubah-ubah semua settingan services dan startup gue. Dibutuhkan waktu semalaman untuk ngecek satu-persatu setting yang berpengaruh dan barusan gue mendapatkan hasil yang sempurna. Jadi, triknya gini :

Buka Start Menu, arahkan pointer ke All Programs, lalu klik Accesories, klik Run. Ketik msconfig di kotak dialog yang muncul lalu tekan OK. Muncul panel System Configuration.  Klik tab Services pada panel tersebut, lalu cari Interactive Services Detection pada deretan kolom Service. Klik kolom yang bertanda centang hingga tanda centang tersebut hilang. Klik OK. Muncul kotak dialog lagi, klik Restart. Selesai! Komputer akan restart dan lihat apa yang akan terjadi. Tapi, buat lo yang pake cara ini di laptop, cara ini bakal ngilangin fungsi scrolling menggunakan dua jari di touchpad. So, gunakan cara ini kalo kamu siap untuk nggak make fungsi tersebut. Oh iya, cara ini masih dalam eksperimen gue dan kalo misalnya nggak berhasil juga, silahkan otak-atik konfigurasi sistem lo sampai hasilnya memuaskan. Selamat mencoba!